You are currently viewing Manfaat Bermain Bakiak

Manfaat Bermain Bakiak

Bakiak

Bakiak adalah permainan tradisional di Sumatera Barat. Permainan ini menggunakan sejenis sandal yang telapaknya terbuat dari kayu dan pengikat kaki yang terbuat dari ban yang dipaku pada kedua sisinya.

Macam-macam bakiak yakni ada tim yang terdiri dari 2 anak, 3 anak, 4 anak dan khusus dewasa. Permainan ini sering dimainkan pada saat hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus. Banyak dari kalangan anak-anak dan remaja. Bahkan orang dewasa ikut serta memeriahkan lomba berjalan menggunakan bakiak. Permainan ini juga di adopsi oleh Godongijo sebagai salah satu program wisata edukasi. Selain untuk melestarikan permainan tradisional dan mengenalkan kepada Anak-anak milenial. Permainan ini juga memiliki manfaat-manfaat untuk anak-anak maupun dewasa.

Baca Juga:

Berikut ini beberapa manfaat permainan tradisional bangkiak:

Melatih koordinasi anggota tubuh.
Permainan ini juga bagus untuk melatih koordinasi anggota tubuh. Pada saat anak memainkan Tarompa Galuak (Sumatra Barat) gerakkan tubuh dan kaki bergerak secara bersamaan.

Melatih kesabaran.
Bermain Tarompa Galuak (Sumatra Barat) sangat membutuhkan tenaga dan kesabaran yang tinggi. Permainan ini membutuhkan konsentrasi dan keseimbangan untuk melangkah supaya tidak terjatuh.

Melatih Kerjasama.
Permainan Bangkiak (Jawa Timur) ini bisa melatih anak untuk bekerjasama dengan teman bermainnya. Ketika mereka bermain akan menyeimbangkan gerakan kaki antar kelompok.

Itulah manfaat permainan Bangkiak (Jawa Timur). Ayo ajak anak-anak bermain permainan tradisional yang satu ini. Jangan biarkan anak hanya bermain gadget saja. Ajak anak untuk bermain permainan tradisional. Hal yang terpenting adalah agar anak dapat bersosialisasi dengan baik kepada teman-temannya.

Hubungi
Ms. Jane
Mobile: 813-8376-5977

Tinggalkan Balasan