FIELDTRIP ILMIAH DI GODONGIJO

Fieldtrip (Kunjungan Lapangan) atau bisa disebut wisata edukasi bertujuan agar siswa mendapatkan Pengalaman Belajar Nyata (Experiencial Learning) sehingga memudahkan siswa dalam memahami pelajaran yang diberikan di Sekolah. Oleh karena itu Fieldtrip dirancang sesuai dengan kurikulum atau kegiatan belajar di kelas. Destinasi Fieldtrip disesuaikan dengan tema yang sedang berlangsung di sekolah. Agar siswa lebih antusias maka Fieldtrip pun dirancang santai tetapi serius (Fun Learning).

Fieldtrip Ilmiah adalah wisata edukasi yang bersifat Ilmiah, merupakan aplikasi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam seperti Biologi, Fisika & Kimia. Godong Ijo sebagai Destinasi Fieldtrip memiliki berbagai Program Fieldtrip Ilmiah yang seru, berkesan dan edukatif. Untuk Fieldtrip Ilmiah aplikasi Biologi, siswa belajar tentang tanaman mulai dari yang paling sederhana. Pengelompokkan tanaman berdasarkan fungsinya dalam kehidupan, perbanyakan Vegetatif, Pemuliaan Tanaman (Kawin Silang Tanaman), Hydro ponic, Aqua ponic sampai Vertical Garden.

Ecotainment atau Fieldtrip Ilmiah yang lain adalah aplikasi dari pelajaran Fisika & Kimia, ada Paket Robotic Mecatronic yang menggabungkan pelajaran mekanika & elektonika dalam merangkai Robot Sederhana. Juga ada Paket Profesor Cilik yang menggabungkan berbagai Ilmu Pengetahuan seperti Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Angin Sederhana. Pembangkit Listrik Tenaga Air Sederhana, Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sederhana. Bio Gas, Bio Solar, Membuat Tempe, Memasukkan telur ke botol, Membuat Kompas. Dokter Cilik, Membuat Detektor Banjir, Membuat Bell Listrik, Membuat Sabun Mandi dan lain sebagainya.

Pada Fieldtrip Ilmiah atau Ecotainment Godongijo, siswa akan dijelaskan terlebih dahulu tinjauan teoritisnya, pemanfaatannya dalam kehidupan sehari hari, juga hambatan yang ditemui dalam pengadaannya, kemudian siswa praktek langsung dalam pembuatannya (Experiencial Learning) sehingga siswa memiliki pengalaman pribadi secara langsung. Dengan Experiencial Learning siswa lebih mudah memahami dan juga lebih tertantang untuk menyelesaikannya, dengan selesainya praktek yang dilaksanakan siswa, secara tidak langsung siswa belajar akan tanggung jawab, disiplin dan kemandirian, juga membuahkan rasa percaya diri yang tinggi. Itulah penyebabnya mengapa sekolah yang berkualitas intens melaksanakan Fieldtrip, terlebih untuk Fieldtrip Ilmiah.

Tinggalkan Balasan