Waspadai Masalah Tumbuh Kembang Anak

Posted by on Jun 29, 2015 in Archieves | 0 comments

ReginaPacisJakarta8

Anak mengalami fase keemasan pada masa tumbuh kembangnya ketika ia berada pada usia 0-6 tahun. Pada usia tersebut anak mulai mempelajarai kemampuan dasar sebagai manusia seperti berjalan, berbicara, dan berpikir. Salah satu gangguan yang sering dialami anak-anak pada masa ini ialah terlambatnya kemampuan anak dalam hal berbicara.

Meski sering kemudian dikaitkan dengan masalah pendengaran, anak yang mengalami keterlambatan kebanyakan hanya kurang terstimulasi kemampuan bicaranya di lingkungan sosial atau kematangan organ-organ bicaranya agak terlambat.

Gangguan tumbuh kembang lain yang wajib diperhatikan oleh orang tua ialah jalan jinjit. Meski merupakan hal yang normal terjadi pada anak yang baru belajar berjalan, namun apabila memasuki usia 3 tahun atau lebih anak masih belum bisa berjalan dengan menapakkan kaki, maka wajib menanggapi masalah ini dengan serius karena bisa jadi anak terkena autisme.

Selain itu, gangguan tumbuh kembang yang sering terabaikan orang tua, terutama yang sibuk, ialah disleksia atau kesulitan anak dalam belajar membaca. Penyebab disleksia sendiri bisa jadi karena faktor genetik, adanya gangguan pada struktur dan perkembangan otak atau faktor sosial, psikologis dan lingkungan.