Tips Teknik Pengepotan Yang Jitu

Posted by on Jun 2, 2015 in Archieves | 0 comments

pot

Pilihlah pot tanaman dan media tanam yang sesuai dengan tanaman yang akan ditanam di dalam pot. Pot juga harus disesuaikan dengan tempat dan bagaimana pot tersebut diletakkan. Perhatikan cara pengepotan yang Jitu untuk hasil yang maksimal :

  • Bila pot dan media yg telah disiapkan tersedia, pastikan pot memiliki lubang drainase atau lubang-lubang di bawah pot cukup, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Artinya proporsional dengan ukuran pot. Isikan media tanam kurang lebih 1/3 bagian pot. masukkan tanaman, usahakan media asal yang menempel pada tanaman masih ada, agar tanaman tidak mengalami stres saat beradaptasi dengan media yang baru.
  • Tambahkan lagi media tanam, sambil tanaman dipegang terus dengan sebelah tangan. Setelah hampir penuh, tekan media tanam perlahan-lahan dengan ibu jari agar tanaman dapat berdiri kokoh. Pot jangan diisi sampai penuh, sisakan sekitar 2 cm dari bibir pot agar mudah waktu melakukan penyiraman.
  • Setelah pengepotan selesai, siramlah tanaman secukupnya. Dinding luar dan dasar pot dibersihkan dari kotoran dan media tanam yang masih menempel sebelum diletakkan pada tempat yang diinginkan.