Tips Simpel Tidak Mudah Marah

Posted by on Apr 10, 2015 in Archieves | 0 comments

marah3

Marah, sedih, kecewa, tertawa merupakan aneka ekspresi alamiah di dalam setiap manusia. Ekspresi tersebut harus dikontrol agar tidak berlebih karena akan berdampak buruk bagi tubuh. Termasuk marah, ekspresi yang berbahaya bila berlebihan bahkan dapat menyebabkan storoke. Berikut ini cara simple agar tidak mudah marah:

  1. Mengubah Perspektif Lawan. Maksudnya, jika sedang emosi dengan orang yang lebih tua atau atasan, maka ada baiknya mengalah terlebih dahulu. Anggap saja sebagai guru yang harus ditaati dan dihormati. Jika emosi dengan yang lebih muda, maka ada baiknya mengalah juga karena emosi dan jiwa pemuda lebih besar. Dan jika anda sedang berdebat atau marah dengan seumuran sebaiknya hentikan diskusi hingga kepala dingin agar menemukan solusi yang terbaik.
  2. Jadilah pemaaf. Berusahalah untuk mudah memaafkan. Saat orang lain marah-marah dan mencaci-maki, mungkin saja emosinya tidak terkontrol. Balaslah dengan kebaikan berupa maaf. Sifat sabar dan pemaaf berdampak baik bagi kesehatan tubuh dan di masyarakat.
  3. Alihkan Energi Marah ke Yang Lebih Baik. Daripada menghabiskan waktu untuk marah-marah, lebih baik fikirkan dan lakukan kegiatan dan rencana-rencana yang bermanfaat untuk masa depan.
  4. Cobalah Untuk Tertawa. Tertawa merupakan ekspresi keceriaan. Bila sedang cemverut cobalah untuk tersenyum lebar dan tertawa kecil agar energy marah dapat berubah menjadi keceriaan.
  5. Serahkan Urusan Pada Tuhan YME. Saat mengingat Sang Maha Pencipta, maka pikiran dan emosi negatif akan dengan mudah terkontrol bahkan hilang stidak tersisa. Selalu ingatlah dan agungkan nama Tuhan YME di setiap nafas kehidupan.