Tips Sederhana dan Jitu Merancang Liburan di Rumah

Posted by on Apr 2, 2015 in Archieves | 0 comments

Portrait-of-a-family-gardening.-570x379

Rancanglah liburan di rumah sebagai Quality Time bersama keluarga sebagai variasi liburan. Cobalah beberapa cara jitu ini agar liburan keluarga tetap menyenangkan walaupun di rumah. Perhatikan pula usia dan hobi anak, karena agar semua anggota keluarga dapat menikmati.

1. Jika keluarga yang menyukai seni, bisa untuk bahan pertimbangan membuat karya seni bersama, bisa melukis. Namun lakukan variasi yang berbeda dalam melukis, seperti melukis di atas kain besar yang bisa digunakan semua anggota keluarga.

2. Bakti sosial. Jika di sekitar lingkungan rumah ada panti asuhan anak yatim atau sejenisya, bisa mempertimbangkan untuk melakukan bakti sosial. Yaitu berupa mengajak anak dan anggota keluarga menyumbangkan pakaian, buku-buku, mainan, atau pun membuat makanan sederhana untuk dibagikan. Namun pastikan yang akan dikunjungi tidak keberatan untuk menerima pemberian.

3. Membuat kerajian bersama, carilah ide kerajian yang akan dibuat. Kerajinan yang sederhana namun memiliki nilai guna yang dapat digunakan sekeluarga. Bisa membuat pot tumbuhan dari barang bekas dan masih banyak lagi.

4. Bisa juga membersihkan rumah sekalian menata interior rumah agar tercipta suasana baru di dalam rumah. Berilah kebebasan kepada anak untuk mendekorasi kamar mereka sendiri. Namun ingatkan juga  untuk tidak memasukan hal-hal yang bermakna kekasaran dan tidak senonoh. Tata ulang pulalah kenangan-kenangan keluarga. Bisa berupa menata kembali foto album keluarga atau pun menata letak foto frame atau pun lukisan-lukisan lainnya

5. Jika keluarga menyukai berkebun, mungkin bisa mempertimbangkan untuk mempelajari hal-hal baru yang terup date tentang berkebun, seperti berkebun dengan sistem hidroponik, taman vertikal (vertical garden) dan lain-lain untuk mengganti suasana pekarangan rumah.