Tips Mengajak Anak Peduli Lingkungan

Posted by on Apr 16, 2015 in Archieves | 0 comments

DSC_0822 copy

  1. Hemat Air dan Listrik

Mengajari anak untuk menghemat air bisa ditanamkan dengan membiasakan menutup keran air saat tidak digunakan atau sudah penuh, matikan listrik bila sudah tidak digunakan. Hemat bukan berarti pelit, namun peduli terhadap kelangsungan generasi penerus.

  1. Ajak Berkebun

Mengajak anak berkebun atau memelihara taman selain menyehatkan dan membuat harmonis keluarga juga menanamkan rasa cinta pada lingkungan. Jika tidak memiliki ruang untuk membuat taman, coba siasati dengan membuat taman mungil di beranda atau teras sekalipun dengan pot.

  1. Daur Ulang Barang

Mendaur ulang sampah rumah tangga bisa dilakukan dengan mengajak serta si kecil. Ajaklah anak berkreasi dengan menggunakan bahan bekas di sekitar rumah, sperti kaleng bekas dijadikan pot dan lain-lain. Atau cara lain berupa mengajari anak-anak untuk menyumbangkan barang-barang bekas seperti buku dan mainan, yang kondisinya masih baik, untuk tetangga atau kegiatan amal.

  1. Rekreasi ke Alam

Mengajak anak melihat obyek-obyek wisata alam akan sangat berpengaruh dalam sikap menghargai kekayaan alam dan lingkungan hidup.