Tips Mendidik Anak Mencintai Lingkungan

Posted by on Mar 16, 2015 in Archieves | 0 comments

Tips Mendidik Anak Mencintai Lingkungan

DC CANGKOK

Tips Mendidik Anak Mencintai Lingkungan

Cinta lingkungan atau cinta tanaman harus diupayakan sejak dini untuk membentuk karakter anak. Karakter inilah yang sudah hampir hilang dari pendidikan kita sehingga menimbulkan berbagai kerusakan lingkungan. Ini karena pelajaran di sekolah kita kurang mengajarkan pengalaman riil. Pelajaran lingkungan di sekolah hanya berbicara soal tanaman, tanah, udara, hutan, dan lain-lain sebagai benda, sebagai teori bukan sebagai sarana untuk menanamkan nilai nyata. Keluarga berperan penting untuk memberikan pengalaman riil.

Berikut ini cara sederhana namun menyenangkan dalam melatih anak mencintai lingkungan:

Beri pengertian dan Penguatan

Memberikan pengertian kepada anak – anak mengenai betapa pentingnya mencintai lingkungan. Berikan penguatan tentang hal-hal baru yang didapat disekolah mengenai lingkungan dan lain-lain. Karena diusianya yang masih belia akan mudah mengingat apa yang diajarkan orang tua.

Beri contoh tindakan nyata

Sesering mungkin berikan contoh kepada anak bagaimana cara mencintai dan merawat lingkungan. Mulailah dari hal – hal sederhana, misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya, ajak anak ikut aktif menanam jadikan rumah sebagai contoh penghijauan, ajak anak rekreasi ke tempat yang menonjolkan keindahan alam dan lingkungan.

Berikan pujian ketika ia berhasil melakukan sesuatu

Pujian, sesekali penting diberikan untuk menambah semangat anak. Dengan pujian yang diberikan akan menstimulusnya dan memberikan semangat untuk kembali melakukan hal baik tersebut. Karena hal ini sebagai penguatan terhadap nilai yang telah anda tanamkan. Namun, sebaiknya Anda juga tidak terlalu sering memberikan pujian kepada anak, karena tentunya akan berdampak negatif