Tips Jitu Menumbuhkan Kreatifitas Pada Anak

Posted by on May 18, 2015 in Archieves | 0 comments

wisataedukasi1

Tumbuhkan dan kembangkan kreatifitas anak dengan beberapa tips jitu berikut :

  1. Tumbuhkan rasa percaya diri anak

Rasa percaya diri adalah hal pertama yang harus dimiliki supaya anak dapat berpikir dan kreatif. Bila ia malu-malu dan tidak percaya diri, ia tidak berani mengekspresikan diri di luar kebiasaan yang lihat sehari-hari. Dukung setiap pekerjaan positif anak yang dilakukannya, seperti membantu sesama, membuang sampah pada tempatnya, dan lain-lainnya.

  1. Biarkan anak melakukan eksplorasi

Sejak usia dini, anak sudah dibekali dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Biarkan mereka terus melakukan eksplorasi terhadap dunia di sekitarnya. Penuhi rasa ingin tahunya bila anak bertanya kepada ayah atau ibu, atau biasakan anak untuk mencari tahu sendiri terlebih dahulu permasalahan yang ditanyakan, misalnya melalui pengamatan, membaca buku, internet. Namun ayah dan ibu tidak boleh membentak, mencuekannya ketika anak mulai mencari tahunya sendiri.

  1. Biarkan anak berimajinasi

Membacakan dongeng untuk anak setiap malam merupakan kebiasaan dari dahulu kala yang banyak manfaatnya yaitu melatih anak berimajinasi. Imajinasi dibutuhkan untuk menggambarkan hal-hal yang ingin dirancang, dibicarakan, direncanakan, dan lain-lain. Selain membacakan cerita, kegiatan menggambar, mengarang cerita, atau bermain role play adalah cara menumbuhkan imajinasi.

  1. Lebih banyak memberi saran daripada larangan

Anak maupun orang dewasa tidak suka dilarang atau pun digurui. Setiap larangan mematikan kreativitas. Sebagai gantinya, berikanlah saran apa yang seharusnya dilakukan anak, bukan melarangnya. Namun, dalam kondisi tertentu bila terpaksa orang tua harus tegas melarang.

  1. Berikan waktu bermain yang cukup

Bermain adalah sarana untuk belajar. Pilihkan mainan yang sesuai dengan usia anak, sehingga setiap mainan dapat dimanfaatkan untuk merangsang perkembangannya. Ketika bermain, anak bebas melakukan apa yang wajar ia lakukan, dan itulah cara memberinya kesempatan untuk berpikir kreatif. Godong Ijo selalu memberikan fasiltas anak untuk mengeksplor imajinasi dan kreatifitasnya.

  1. Berikan kesempatan anak untuk berpikir sendiri

Anak yang selalu diberikan solusi dan di”setir” tidak akan terbiasa untuk berpikir dan dalam mengungkapkan pendapat. Mulai dari hal-hal sederhana, biarkan anak mencari solusi dalam melakukan apa yang menurutnya terbaik dan berikan kesempatan untuk mengungkapkan pendapatnya sendiri. Orang tua dapat memberikan arahan dan koreksi bila salah, tetapi biarlah anak yang memegang kendali.

  1. Ciptakan suasana keluarga yang penuh kasih sayang

Suasana keluarga yang kondusif mempengaruhi kreativitas anak. Ciptakan rasa aman, nyaman, diayomi, dan dicintai sehingga anak merasakan keberadaannya diakui dan dibutuhkan di dalam keluarga.