Perlengkapan Memancing, Perlu Diketahui

Posted by on May 18, 2015 in Archieves | 0 comments

kotakpancing

Bila ingin memancing, harus mengetahui beberapa alat yang harus dibawa saat memancing. Berikut ini adalah alat-alat yang dibutuhkan saat memancing yang harus diketahui :

  1. Kotak Pancing

Kotak pancing berfungsi membawa semua peralatan memancing, biasanya digunakan untuk memancing di laut. Banyak macam model, merk, dan ukuran kotak pancing. Gunakan ukuran yang sesuai dengan alat dan biasa dibawa.

  1. Nikelin

Alat ini digunakan buat memancing ikan Tenggiri, Barracuda, dan jenis ikan bergigi tajam lainnya.

  1. Kili-kili

Untuk mengurangi kenur melintir alat mincing di laut. Ketika memancing di laut selalu gunakan kili-kili pada sambungan senar primer dengan tali pandu (leader). Ada dua pilihan kili-kili, biasa dan peniti. Kili-kili berfungsi mengatur senar agar tak kusut atau menggulung saat memancing. Kili-kili digunakan di bagian rangkaian pancing. Tujuannya agar mempermudah pemasangan senar ke dalam rangkaian mata kail.

Alat kecil yang dibuat dari bahan logam ini berbentuk menyerupai dua cincin yang saling terhubung. Kedua cincin tersebut dapat berputar bersamaan dengan bebas. Alat tersebut lalu akan menyeimbangkan mata kail ketika berputar saat terkena oleh arus air atau ketika umpan termakan ikan dan terjadi tarik ulur.

  1. Timah

Timah berfungsi buat pemberat.

  1. Sabiki atau Kotrek

Sabiki ialah rangkaian mata kail menyerupai makanan ikan. Ikan akan tertarik melihat rangkaian sabiki sehingga menyambarnya. Alat ini efektif buat mancing ikan Tembang, Layang, Kembung, Como, Selar, dan ikan lainnya.

  1. Senar

Senar ada beberapa merk dan ukuran. Pada umumnya digunakan ukuran 8-20 lbs. Harus diperhatikan senar pancing harus disesuaikan dengan jenis ikan yang akan dipancing. Ada dua jenis senar yaitu jenis monofilament dan multifilament. Monofilament line ialah senar berserat tunggal. Senar jenis monofilament cocok buat memancing ikan di sungai dan kolam. Senar multifilament line, terbuat dari serat polietilen yang sangat tipis. Lalu dirangkai menjadi satu senar. Kekuatan senar jenis ini melebihi kekuatan baja, namun fleksibilitas. Senar ini digunakan buat memancing ikan-ikan besar dan bergigi tajam di laut.

  1. Penggulung (reel)

Memancing pada dasarnya cukup memerlukan satu penggulung. Pilih penggulung nan ringan, minimal memiliki 3 bantalan roda nan dapat menampung kenur 200 – 400 m, umumnya ada dua jenis reel nan dapat digunakan, yaitu spinning reel dan bait reel. Namun bila ingin membawa lebih dari satu reel tidaklah mengapa sebagai cadangan.

  1. Joran (rod)

Salah satu piranti primer dalam kegiatan memancing ialah joran. Alat ini panjangnya ada nan 180 cm, 210 cm, dan lain sebagainya dengan berbagai variasi ukuran.