Manfaat Sayuran Tauge

Posted by on Mar 20, 2015 in Archieves | 0 comments

Manfaat Sayuran Tauge

Toge sayuran yang kecil dan murah meriah, namun memiliki segunang manfaat untuk tubuh. Mengkonsumsi toge sebaiknya dalam keadaan mentah, agar zat muda dalam tauge masih utuh. Namun bagi anda yang tidak dapat memakan toge dalam keadaan mentah dapat dicampurkan dengan sup yang hampir selesai masak dan jangan memasak toge sampai matang. Berikut manfaat toge :

toge

Manfaat Sayuran Tauge

  1. Mencegah penuaan dini

Toge dapat membuat awet muda. Karena toge kaya akan antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas

  1. Mencegah kanker

Dalam proses terbentuknya toge telah menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, toge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda toge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meninggalkan usus besar ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat memicu terjadinya kanker.

  1. Meningkatkan kesuburan

Toge kaya akan vitamin E yang dapat mengurai gangguan pramenstruasi, keluhan menstruasi, pramenopause.

Untuk pria, toge pun dapat membantu penyuburan spermatozoid

  1. Menjaga keasaman lambung

Toge bersifat basa yang berguna untuk menjaga kadar keasaman lambung

  1. Mencegah osteoporosis
  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan saponin dalam toge dapat menghancurkan lemak jahat LDL tanpa mempengaruhi lemak baik HDL. Pada toge kandungan saponinnya sangat tinggi karena pada saat proses dari biji-bijian menjadi kecambah kadar saponinnya naik menjadi 450%.

Bagi penderita stroke dan serangan jantung yang disebabkan oleh lemak darah melambung, sebaiknya juga mengkonsumsi sayuran taoge.

  1. Membangkitkan kekebalan tubuh

Toge mengandung saponin yang berguna untuk membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami (natural killer cell), khususnya sel-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, toge kaya akan zat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel DNA.