Manfaat Ikan nila bagi Kesehatan

Posted by on Jun 22, 2015 in Archieves | 0 comments

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pertumbuhan dan Pengembangan :

Kandungan protein nila yang tinggi. Protein merupakan bagian penting untuk diet terutama protein hewani, karena dapat dipecah secara enzimatis menjadi asam amino komposit, dan disusun kembali menjadi protein yang dapat digunakan dalam tubuh manusia. Protein secara langsung terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan organ, membran sel, dan otot. Terutama bagi anak-anak, kecukupan mengkonsumsi protein untuk memastikan perkembangan yang optimal.

Berat Badan :

Ikan nila tinggi protein tapi rendah kalori dan lemak. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk mengurangi asupan kalori, sementara masih memberikan tubuh semua nutrisi yang diperlukan. Ikan Nila bisa menjadi makanan pilihan untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan, tanpa harus tersiksa oleh diet ketat.

Kesehatan Tulang:

Mineral yang paling menonjol yang ditemukan dalam ikan nila adalah fosfor. Fosfor merupakan mineral penting bagi kesehatan manusia, karena bagian penting dari perkembangan dan pertumbuhan materi tulang. Mineral ini juga merupakan elemen penting untuk pemeliharaan gigi dan kuku, menjaga tetap kuat dan tahan lama sampai usia tua. Fosfor dapat membantu untuk mencegah osteoporosis, atau penurunan kepadatan mineral tulang, yang sering dialami orang seiring bertambahnya usia.

Mencegah Kanker Prostat :

Ikan nila memiliki kandungan selenimum yang sangat tinggi. Selenium adalah senyawa yang bermanfaat sebagai antioksidan alami yang baik. Studi penelitian menunjukkan bahwa asupan selenium terkait dengan penurunan risiko kanker prostat, serta berbagai macam kondisi jantung. Antioksidan, seperti halnya selenium dikenal karena kemampuan mereka untuk mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh, sehingga menurunkan kemungkinan stres oksidatif pada semua sistem organ, dan mutasi sel-sel sehat menjadi kanker .

Penuaan Dini :

Selenium yang dikenal sebagai antioksidan, dapat meremajakan atau merangsang vitamin E dan C , yang keduanya akan meningkatkan kualitas dan kesehatan kulit. Oleh karena itu, asupan lebih dari 20 %  selenium perhari yang disediakan ikan nila, sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit dengan jalan menghentikan kerusakan sel akibat radikal bebas. Hal ini berarti akan mengurangi keriput, kulit kendur, bintik-bintik penuaan, serta tanda-tanda penuaan lainnya .

 Kandungan Nutrisi Ikan Gurame

Gurame memiliki kandungan protein sebanyak 19%. Hasil ini jauh lebih tinggi dari jenis ikan lainya seperti ikan lele, ikan nila, dan ikan mas. Terlebih kandungan asam amino essensial yang dihasilkan cukup besar.

Selain protein, kandungan nutrisi lain yang terdapat dalam ikan gurame adalah lemak. Yakni sebesar 2,2%. Hasil ini dinilai lebih tinggi dari ikan mas yang hanya memiliki kandungan 2% dan ikan nila 0,49%. Gurame juga memiliki kandungan penting lainya seperti vitamin dan zat makronutrien serta mikronutrien lainya