Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan

Posted by on Jun 22, 2015 in Archieves | 0 comments

ternak-lele-budidaya-lele-cara-ternak-lele-bibit-lele-pemberian-pakan-lele-pemeliharaan-lele-beternak-lele-pembibitan-lele

 

  1. Sumber Protein

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang dapat menjadi sumber protein sekitar 20%. Keistimewaan protein yang terkandung di dalam ikan tidak hanya berfungsi menambah jumlah protein yang santap tetapi sekaligus dapat menjadi pelengkap mutu protein yang ada dalam menu makan. Dalam protein ikan lele terkandung semua asam amino esensial lisin, metionin dan leusin dengan kadar protein yang lebih tinggi bila dibanding dengan protein pada susu dan daging.. Leusin berguna untuk membantu proses pertumbuhan pada anak, juga berguna untuk pembentukan dan perombakan otot. Lisin membantu proses pertumbuhan anak, sedang pada proses pengobatan penyakit herpes diperlukan lisin yang akan menjadi kerangka untuk niasin.

  1. Kaya Phospor 

Kandungan phospor pada ikan lele yang mencapai 168 mg/100 gram terbukti lebih tinggi daripada yang terdapat di telur yang hanya 100 mg. Phospor berguna untuk memberi kekuatan dan energi dalam metabolisme lemak dan pati, menjadi penunjang kesehatan gusi dan gigi, membantu sistesis DNA, serta membantu penyerapan kalsium  Phospor juga lebih banyak dibutuhkan ibu hamil sebab berguna untuk pembentukan tulang pada janin. Jika asupan phospor pada ibu hamil kurang, maka janin akan mengambil phospor dari tulang sang ibu. Inilah penyebab terjadinya osteophorosis.

  1. Kesehatan Kardiovaskuler

Perbandingan kalium dan natrium pada ikan lele yang mencapai 24,5 : 1 tergolong tinggi  sehingga sangat baik untuk kesehatan cardio dan pembuluh darah.

  • Membantu dalam pengendalian tekanan darah
  • Sebagai pembersih CO2 (karbondioksida) yang terdapat di dalam darah
  • Sebagai pemicu simpul syaraf dan kerja otot .
  • Jika terdapat pada kadar tinggi  , maka dapat melancarkan kiriman oksigen menuju otak
  • Melancarkan keseimbangan kadar cairan dalam tubuh Anda.
  1. Rendah lemak

Lemak yang terdapat pada ikan lele lemak dengan sifat yang sederhana, yaitu trigliserida yang netral. Lemak yang rendah ini banyak terdapat di bagian perut, terutama pada tubuh ikan bagian sebelah bawah serta yang terdapat di dalam hati ikan. Terdapat juga lemak yang bersifat komplek. Karena rendah lemak maka kolesterol secara tak langsung dapat ikut tertekan.

  1. Kaya Omega 3

Berguna untuk membantu pada proses perkembangan otak janin pada ibu hamil. Juga penting untuk perkembangan fungsi penglihatan dan saraf bayi.