Manfaat Air Bagi Tumbuhan Yang Harus Diketahui

Posted by on May 10, 2015 in Archieves | 0 comments

menyirami tanaman

Air sumber kehidupan, tanpa air tidak ada makhluk yang dapat hidup. Sama halnya dengan manusia yang membutuhkan air, tanaman pun membutuhkan air juga karena unsur terbesar tanaman adalah air berkisar anatara 90% untuk tanaman muda. Angka tersebut tidak mutlak, karena tergantung jenis tanaman tersebut. Secara umum air bahan untuk fotosintesis, tetapi hanya 0,1% dari total air yang digunakan untuk fotosintesis. Air yang digunakan untuk transpirasi tanaman sebanyak 99 %, dan yang digunakan untuk hidrasi 1 %.

Fungsi air bagi tumbuhan sebagai berikut :

  1. Penyusun utama protoplasma

Molekul – molekul makro dalam protoplasma seperti protein, karbohidrat, pektin dan lain – lain membentuk struktur yang unik berasosiasi dengan molekul air dalam bentuk koloid.

  1. Pelarut zat hara

Air sebagai alat transpor untuk memindahkan zat hara. Bahan yang diangkut dapat berupa bahan mineral dari dalam tanah, bahan – bahan organik hasil fotosintesa, dan olahan sel lainya.

  1. Media berlangsungnya reaksi-reaksi biokimia

Tanaman membutuhkan air karena untuk proses reaksi biokimia seperti fotosintesis, tanpa adanya air yang berperan sebagai donor elektron, fotosintesis tidak dapat berlangsung.

  1. Sistem hidrolik

Air memberikan tekanan hidrolik pada sel seliingga menimbulkan turgor pada dinding sel tumbuhan. memberikan kekuatan mekanik pada jaringan-jaringan yang tidak memiliki sokongan struktur (zat kayu) pada dinding selnya, yaitu pada parenkim. Sistem hidrolik juga dapat di jumpai pada membuka dan menutupnya stomata.

  1. Stabilisasi dan pemindahan panas

Tingginya panas jenis yang dimiliki air, telah memungkinkan air berperan sebagai penyangga (buffer) dalam pengaturan panas tubuh tumbuhan. Penyerapan sejumlah besar panas oleh tumbuhan, hanya akan mengubah suhu tubuh sedikit saja.

  1. Sebagai alat gerak

Pada pulvinus tangkai daun pada gerak nasti. Air di dalam sel berada dalam bentuk bebas dan terikat. Keterikatan air itu dapat dengan ion atau molekul polar, terkait dengan ikatan H pada molekul lain, terikat pada koloid atau terikat secara kapiler. Air bebas terdapat pada vacuola sebagai cairan encer. Apabila tumbuhan kekurangan air, air bebaslah yang hilang lebih dulu. Sebagai larutan air dalam sel mempunyai potensial air lebih kecil dari nol. Besamya potensial air larutan cairan sel dipengaruhi oleh temperatur, adanya bahan pelarut lain, adanya imbibiban yaitu zat yang mampu mengadakan imbibisi. dan adanya tekanan