Makan Kangkung untuk Kesehatan Tubuh

Posted by on Apr 2, 2015 in Archieves | 0 comments

3797258_20121105014002

Kangkung termasuk dalam keluarga kangkung-kangkungan Convolvulaceae, tanaman yang tumbuhnya sangat cepat. Ia memiliki nama ilmiah Ipomoea aquatica, merupakan tanaman tropis yang media hidupnya di air dan tanah lembab. Kangkung juga mudah tumbuh subur didaerah subtropis. Banyak manfaat di kangkung, segera konsumsi untuk variasi sayur-mayur. Namun bagi penderita asam urat sebaiknya tidak banyak atau sering mengkonsumsi kangkung.

1. Mengatasi insomnia

Kangkung mengandung unsur sedatif, unsur sedatif ini dapat membuat mengantuk. Kandungan dalam kangkung selenium dan zinc yang membuat syaraf kendur dan rileks. Semakin rileks syaraf, maka semakin lelap tidurnya.

2. Anti toksin dan Mencegah sembelit

Kangkung memiliki sifat antiracun, bermanfaat untuk meringankan bisul, meringankan sembelit, bahkan sebagai perawatan kulit. Karena mengandung serat yang tinggi.

3. Menambah Hemoglobin

Pada umumnya bayam yang dikonsumsi untuk menambah asupan zat besi secara alami. Namun jika  mengkonsumsi kangkung, akan mendapatkan manfaat yang sama. Kandungan zat besi pada kangkung sekitar 2,5mg per 100 gram, sehingga baik untuk menambah hemoglobin sehingga bisa mencegah atau mengurangi anemia.

4. Anti diabetes

Kangkung yang diekstrak dapat membantu meringankan bagi penderita diabetes karena zat dalam ekstrak kangkung bisa menyerap kelebihan gula dalam darah.

5. Kekebalan tubuh terhadap virus flu dan menjaga kesehatan mata

Kangkung memiliki banyak vitamin C sebagai penangkal serangan influenza yang sangat baik. Bahkan diketahui bahwa kandungan vitamin C dalam kangkung lebih tinggi daripada buah-buahan. Kangkung juga memiliki vitamin A yang tinggi baik untuk kesehatan mata. Untuk mencegah katarak, atau degenerasi manula, serta gangguan kesehatan mata lainnya.

6. Anti parasit usus

Kangkung yang dikonsumsi mentah dapat mengeluarkan fasciolopsis buski (cacing parasit) dalam usus manusia dan hewan yang bisa menyebabkan fasciolopsiasis.

7. Kesehatan hati atau liver

Berdasarkan penelitian, ternyata kangkung bisa mencegah kerusakan hati. Karena kangkung memiliki efek senyawa kimia yang berkontribusi terhadap modulasi pada enzim detoksifikasi dan antioksidan serta efek radikal bebas.