Liburan Keluarga Yang Mendidik

Posted by on Dec 19, 2015 in Archieves | 0 comments

Liburan Keluarga Yang Mendidik

1Ingin berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga dengan cara yang asyik dan mendidik ? Anda harus datang ke tempat wisata yang satu ini, “ Wisata Edukasi Godong Ijo” yang terletak di Jalan Raya Cinangka No. 60 Km.10, Desa Serua, Bojongsari, Depok, Jawa Barat.

Tempat ini bisa Anda capai dari Pondok Indah, Jakarta Selatan hanya dalam waktu sekitar 20 menit perjalanan.  Wisata Edukasi Godong Ijo menawarkan keseruan bagi Anda dan keluarga, bersama anak- anak. Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam kegiatan yang langsung bercengkrama dengan alam. Pastinya kegiatan yang dilakukan sangat baik bagi anak – anak dan merupakan kegiatan yang mendidik.

Memasuki Godong Ijo serasa memasuki hutan kecil di tengah kota, disini banyak pohon-pohon tua langka yang rimbun, masih banyak hewan-hewan alami seperti tupai, kadal, kodok yang melompat di antara pepohonan.  Disini, Anda dapat mengunjungi kebun pendidikan, dimana tanaman dikelompokkan berdasarkan pemanfaatannya bagi kehidupan.  Ada Zona Tanaman Pangan (Food Plants) yang memuat berbagai jenis tanaman makanan pokok, ada aneka ubi, singkong,talas, keladi, padi, jagung, kentang dll.
Kemudian ada Zona Tanaman Obat (Medicinal Plants)  yang memuat berbagai jenis tanaman obat seperti aneka Sirih, Binnahong, Kumis kucing dll.  Ada juga Zona tanaman rempah / bumbu (Herb Plants) seperti : aneka Cabai, aneka Tomat, Lada, Jahe, Kunyit, Pala, Kemiri, Kayumanis  dll. Tanaman Industri seperti Pohon Damar, Pohon Cengkih, Pohon Coklat, Pohon Kopi, Tebu, Pohon Kayuputih dll. Disamping itu ada juga berbagai jenis tanaman buah yang langka seperti Miracle Fruit (Buah Ajaib), Buah Tin (Buah Ara) dll serta Zona Pohon  Langka seperti Nephenthes (Kantung Semar) yang mampu menangkap serangga dengan kantungnya. Selama ini mungkin kita pernah mendengar namanya tetapi belum pernah bersentuhan langsung, disini kita akan bersentuhan langsung dan diberitahukan manfaatnya juga asal usul tanaman tersebut.

IMG_0612Meskipun luasnya hanya sekitar  3 hektar tetapi sarat dengan keunikan, disini ada Ular Raksasa yang panjangnya mencapai 8 meter lebih, ada Ikan Raksasa Arapaima Gigas (Carniforus Fish) hati-hati karena ikan ini doyan daging dan bisa menerkam jangan terlalu dekat ketika memberinya makan. Ada Iguana besar panjangnya sekitar 1,8 meter dan yang paling unik dan menarik adalah Maskot Godong Ijo si Bagong, Kura-kura Raksasa terbesar kedua didunia, panjang karapasnya mencapai 2 m, dan bobotnya mencapai 350 kilogram, usianya baru 21 tahun dan bisa mencapai 350 tahun.

Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang berhubungan langsung dengan alam. Yang pertama Anda bisa melakukan keseruan dengan menangkap belut bersama anak-anak. Disediakan bagi Anda kolam yang cukup luas yang berisi belut untuk ditangkap, kegiatan ini sangat menyenangkan dan pastinya gelak tawa akan tercipta bersama anak- anak.

Disini Anda selain berkegiatan mengenal alam lewat kegiatan Flora & Fauna,  Anda juga bisa bersama-sama anak Mencangkok Tanaman tanpa Tanah, Mengawinsilangkan Tanaman, Membuat Keramik, Mewarnai Keramik, Belajar Membatik, Belajar Memasak, Menangkap Ikan, Memberi Makan & Memandikan Kura-Kura Raksasa, Berinteraksi dengan Reptil dan Mamalia.

Untuk mempererat komunikasi antara orangtua dan anak, disini ada “Family Games” yang didisain khusus untuk memupuk kerjasama yang erat antara Orangtua dan Anak. Seperti lomba membangun Piramida dari balon,orangtua bertugas meniup balon dan anak menyusun dan merekatkan balon sehingga membentuk piramida atau lomba memasak antar keluarga, lomba membuat keramik antar keluarga dll. Disini anak dan orangtua bekerjasama dalam berkompetisi, pastinya sangat seru & menyenangkan serta menghangatkan keluarga.

DSC_0293_01

Setelah melakukan berbagai macam kegiatan, Anda bisa memancing bersama keluarga di kolam besar yang berisi ikan mas , lele, bawal dan patin. Hasil memancing Anda bisa langsung diolah ditempat dan dinikmati kelezatannya. Santap Anda akan semakin lengkap dengan pesona alam yang memanjakan mata.  Disini, ada sangat banyak Ikan Monster (Monster Fish) yang beratnya mencapai 40-60 kilogram, di Indonesia hanya di Godong Ijo yang menyediakan Ikan Monster untuk sensasi mancing.

Bila kita tidak ingin berkegiatan hanya ingin menikmati suasana alam saja juga diperbolehkan, asalkan mengambil konsumsi (makan minum) di Godong Ijo,  Biaya mulai dari  Rp. 5.000 untuk minuman, dan mulai Rp. 10.000,- s/d Rp. 75.000,- untuk  Makanan, menu yang ditawarkan kebanyakan masakan Sunda dan  masakan Thailand, harga sangat terjangkau dengan kualitas Bintang Lima.

Holiday Camp / Family Camp, serba Rp. 50.000,- per peserta (minimum peserta 5 orang)

Young Greeners, Rp. 50.000,- Kegiatan : Planting 1 pot tanaman (dibawa pulang), Reptiles & Mammals Corner, Feeding & Showering Giant Tortoise, Catching Fish, Visit Green House, Nursery & Education Farm.

IMG_0189-12

Fun with Clay, Rp. 50.000,- Kegiatan : Membentuk Keramik 500 gr, Melukis Keramik 500 gr, Feeding & Showering Giant Tortoise, Catching Fish, Visit Green House, Nursery & Education Farm.

Membatik, Rp. 50.000,- Kegiatan : Membatik,  Feeding & Showering Giant Tortoise, Catching Fish, Visit Green House, Nursery & Education Farm.
Wisata Edukasi Godong Ijo bisa Anda jadikan alternatif bagi Anda yang sulit menemukan wisata alam di Jakarta, tentunya dengan pesona alamnya yang bisa menyegarkan pikiran dan program pendidikannya yang membangun, mendidik dan menyenangkan.

Untuk informasi selengkapnya silahkan hubungi:
Ms. Jane Nadeak
Mobile: 0813 8376 5977
Pin BB: 22AC9B65
E-mail: jane.ecotainment@yahoo.com

Atau kunjungi halaman Contact Us.