Keunikan Bunga Sakura Yang Harus Diketahui

Posted by on May 10, 2015 in Archieves | 0 comments

34

Bunga sakura merupakan bunga yang paling banyak dijumpai di Jepang sekaligus menjadi bunga nasional Jepang. Asal-usul kata “sakura” adalah kata “saku” (bahasa Jepang untuk “mekar”) ditambah akhiran yang menyatakan bentuk jamak “ra”. Dalam bahasa Inggris, bunga sakura disebut cherry blossoms.

Warna bunga sakura beraneka ragam tergantung pada spesiesnya, ada yang berwarna putih dengan sedikit warna merah jambu, kuning muda, merah jambu, hijau muda atau merah menyala. Pohon sakura berbunga setahun sekali. Jenis bunganya beragam hingga 300 macam. Diantara jenis bunga sakura adalah :

  1. YAMA ZAKURA
  2. OSHIMA SAKURA
  3. SURUGA DAI NIOI ZAKURA
  4. SOMEI YOSHINO
  5. KOTO HIRA ZAKURA
  6. ICHI HARA TORA NO’O
  7. AMERIKA SAKURA
  8. MIKURUMA GAISHI
  9. EDO SAKURA
  10. ICHIO SAKURA

Pohon sakura mekarnya berbeda-beda di tiap wilayah. Di pulau Honshu, kuncup bunga sakura jenis someiyoshino mulai terlihat di akhir musim dingin dan bunganya mekar di akhir bulan Maret sampai awal bulan April di saat cuaca mulai hangat.

Sakura jenis someiyoshino mekar mulai dari Okinawa di bulan Februari, dilanjutkan di pulau Honshu bagian sebelah barat, sampai di Tokyo, Osaka, Kyoto pada sekitar akhir Maret sampai awal April, lalu bergerak sedikit demi sedikit ke utara, dan berakhir di Hokkaido di saat liburan Golden Week.

Setiap tahunnya pengamat sakura mengeluarkan peta pergerakan mekarnya bunga sakura someiyoshino dari barat ke timur lalu utara yang disebut sakurazensen. Dengan menggunakan peta sakurazensen dapat diketahui lokasi bunga sakura yang sedang mekar pada saat tertentu