Kenali ‘Salad’ Indonesia

Posted by on Apr 10, 2015 in Archieves | 0 comments

ketoprak

Salad pada dasarnya adalah makanan sayur-mayur atau pun buah-buahan. Berikut ini perbedaan makanan ‘salad’ khas Indonesia
1.Gado-gado
Gado-gado merupakan makanan yang berasal dari Jawa yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.

Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong.
2.Karedok / Keredok
Karedok atau keredok makanan khas Sunda di Indonesia.bedanya dengan gado-gado Karedok dibuat dengan bahan-bahan sayuran mentah antara lain; mentimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya adalah bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.
3.Pecel
Pecel hampir mirip dengan gado-gado makanan yang masih menggunakan sambal bumbu kacang sebagai komposisi utamanya dan sayuran yang di rebus hanya pecel tidak menggunakan campuran jagung,pare,kentang,danctahu . Tidak tahu darimana pecel berasal, beberapa daerah mengklaim mempunyai ke-khasan sendiri di tiap- tiap kota. namun menurut sejarah pecel sangat familiar di daerah karesidenan madiun, jawa timur.
4.ketoprak
Ketoprak adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia menggunakan ketupat yang mudah dijumpai di mana-mana. Biasanya ketupat dijajakan menggunakan kereta dorong di jalan-jalan atau di kaki lima. Ketroprak merupakan makanan asli Indonesia.