Kembangkan Bakat Anak Dengan Peran Aktif Orangtua

Posted by on May 18, 2015 in Archieves | 0 comments

wisataedukasi2

Peran orangtua sangat dalam proses tumbuh dan berkembang bakat anak sangat penting. Berikut ini trik jitu yang dilansir dari buku Anak Bukan Kertas Kosong :

  1. Keteladanan

Anak merupakan peniru yang hebat. Anak belajar dengan menyaksikan apa yang dilihat dan didengar. Jadilah teladan yang baik bagi anak, agar dapat langsung ditiru atau dipelajari anak. Maka dari itu, bersikap dan berbicaralah dengan sopan, santun, dan baik. Agar apa yang dilihat dan didengar anak berperilaku baik pula

  1. Menciptakan suasana yang inspiratif

Lingkungan rumah yang nyaman akan memudahkan dan mendorong anak untuk belajar, yakni : berani mencoba dan berani melakukan eksplorasi. Suasana rumah yang nyaman dapat menetralisasi ketegangan yang muncul akibat proses belajar.

Lingkungan fisik dan relasi sosial yang kondusif dan pembentuk iklim belajar dalam rumah merupakan hal penting juga untuk membentuk kualitas psikososial dari keluarga tersebut.

  1. Menstimulasi anak belajar

Menstimulasi atau merangsang anak untuk melakukan suatu tindakan. Tindakan yang dilakukan sepenuh hati yang melibatkan seluruh diri anak. Ada tiga tahapan dalam memberikan stimulasi pada anak, yaitu :

  1. Sebelum belajar

Stimulasi yang diberikan bertujuan untuk menumbuhkan ketertarikan dan keinginan anak untuk melakukan suatu tindakan.

  1. Selama belajar

Stimulasi pada tahapan ini bertujuan memberi kesempatan anak belajar dan menguatkan semangat belajar anak.

  1. Setelah belajar

Stimulasi yang diberikan bertujuan merawat perilaku dan kebiasaan yang terbentuk, baik melalui pujian maupun memberikan tantangan baru bagi anak.

  1. Menyediakan kesempatan belajar

Pada tahap ini peran orangtua lebih kepada memberikan kemerdekaan pada anak untuk mengarahkan sendiri proses belajarnya. Dengan memberikan ruang dan waktu bagi anak untuk belajar.