Keanekaragaman Mamalia Indonesia

Posted by on Apr 27, 2015 in Archieves | 0 comments

19

Indonesia merupakan negara dengan keanekargaman Mamalia tertinggi di dunia ( 515 jenis dari 4400 jenis di dunia, di antaranya 36 species endemis )

Hewan-hewan di Indonesia memiliki tipe Oriental (Kawasan Barat Indonesia) dan Australia (Kawasan Timur Indonesia) serta peralihan.

Indonesia bagian barat (Oriental) yang meliputi Sumatera, Jawa dan Kalimantan, serta pulau-pulaunya memiliki mammalia sebagai berikut.

  1. Banyak spesies mamalia yang berukuran besar, misalnya gajah, banteng, harimau, badak. tidak ada mammalia berkantung.
  2. Terdapat berbagai macam kera. Kalimantan merupakan pulau yang paling kaya kan jenis-jenis primata. Ada tiga jenis primata, misalnya bekantan, tarsius, loris hantu, orang utan.
  3. Terdapat mamalia endemik, seperti:
    • Badak bercula satu di Ujung Kulon
    • Binturong (Arctictis binturong), hewan sebangsa beruang tapi kecil
    • Monyet Presbytis thomasi
    • Tarsius (Tarsius bancanus)
    • Kukang (Mycticebus coucang)

Indonesia bagian Timur, yaitu Irian, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara, relatif sama dengan Australia. Ciri-ciri mammalia di Indonesia bagian Timur adalah:

  1. Mamalia berukuran kecil
  2. Banyak hewan berkantung
  3. Tidak terdapat spesies kera

Irian Jaya memiliki 110 spesies mamalia, termasuk di dalamnya 13 spesies mamalia berkantung, misalnya kanguru (Dendrolagus ursinus dan Dendrolagus inustus), kuskus (Spilocus maculatus), bandicot, dan oposum. Di Irian juga terdapat 27 spesies hewan pengerat (rodentia), dan 17 di antaranya merupakan spesies endemik.

Mamalia daerah peralihan yaitu pada daerah Sulawesi yang merupakan daerah peralihan yang mencolok menurut garis Weber. Hewan-hewan yang terdapat di pulau itu berasal dari oriental dan Australia. Di Sulawesi terdapat banyak mamalia endemik, misalnya primata primitif Tarsius sectrum, musang sulawesi (Macrogalida musschenbroecki), babirusa, dan anoa.