Games Menarik Yang Dapat Merangsang Otak Anak

Posted by on Apr 7, 2015 in Archieves | 0 comments

otak

Rangsangan yang tepat dan optimal akan mampu meningkatkan tumbuh kembang anak sesuai dengan milestone. Salah satu prinsip milestone anak yang perlu diperhatikan oleh orangtua adalah pemberian stimulasi atau rangsangan positif yang dilakukan lewat tindakan atau aktifitas yang menyenangkan.

1. Puzzle dan bongkar pasang.

Bermainlah puzzle atau bongkar pasang lainnya, karena dapat merangsang daya ingat, koordinasi alat indra, dan dapat merangsang kecerdasan kognitif

2. Permainan aneka bentuk dan warna.

Permainan aneka bentuk dan warna bintang, segitiga, lingkaran, persegi, bulan sabit atau lain sebagainya. Permainan ini dapat melatih daya ingat anak dan juga memperkenalkan bahasa dengan wujud konkritnya.

3. Mewarnai

Mewarnai merupakan salah satu aktifitas yang menyenangkan sekaligus melatih motorik halus dan kemampuan otak kanan anak yang bertujuan untuk menyeimbangkan komposisi warna.

4. Edugames.

Permainan edugames ada di elektronik seperti komputer atau alat khusus. Banyak sekali permainan edugames dari berbagai aplikasi yang disertai dengan lagu, gambar dan pewarnaan yang menarik bagi perkembangan otak. Namun orang tua harus menjaga karena dapat merusak kesehatan mata bila berlebihan