Cara Simpel Membuat Kolam Ikan di Rumah

Posted by on Mar 25, 2015 in Archieves | 0 comments

1

Yuk ikuti beberapa cara sederhana untuk membuat kolam ikan yang cantik di halaman rumah

  1. Desain Kolam Ikan yang Minimalis.  

Caria tau tentukan desain. Desain yang sedang ngetren yaitu desain minimalis. Pada dasarnya cukup membuat kolam persegi saja, namun pertegas di bagian sudut-sudut persegi agar kesan minimalisnya terlihat, percantiklah di sekitar kolam dengan batu alam dan tanaman.

  1. Ukuran Kolam Ikan harus proporsional

Sebelum membuat kolam, ukur terlebih dahulu dengan memperhatikan luas halaman rumah. Luas kolam ikan tidak terlalu luas artinya tidak menghabiskan luas halaman, atau juga tidak terlalu kecil dari luas halaman. Hal ini agar terlihat kesan elegan yang akan mempercantik halaman rumah.

  1. Bahan dekorasi

Bahan dekorasi yang mendukung biasanya batu alam atau batu ukiran dari beton. Carilah warna dan bentuk batu yang sesuai dengan desain yang telah ditentukan, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Yang penting diperhatikan juga adalah pilih bahan yang mudah dibersihkan dan tahan lama.

  1. Perawatan Kolam Ikan

Tahapan yang rutin dijalani adalah perawatan. Jagalah kebersihan kolam dari lumut-lumut dan kotoran lainnya yaitu dengan selalu menyikat dan mengurasnya. Selain itu yang dibutuhkan adalah filter air. Perhatikan ukuran filter. Ukuran filter tidak boleh terlalu kecil dari ukuran kolam.

  1. Ikan yang cocok

Biasanya ikan yang paling cocok di air kolam adalah ikan koi, komet, mas koki, dan ikan hias, atau bila ingin ikan lainnya silahkan saja. Namun harus diperhatikan cara merawat ikan tersebut.  Ikan juga tidak boleh terlalu banyak dari luas kolam agar ikan tidak cepat mati.