Cara Jitu Mengatasi Masalah Tumbuh Kembang Anak

Posted by on Jun 29, 2015 in Archieves | 0 comments

ReginaPacisJakarta8

Untuk mengatasi masalah tumbuh kembang anak, orang tua wajib turun langsung di dalam proses penanganannya. Untuk menangani masalah speech delay, orang tua harus telaten dalam mengajari anak bicara dengan menggunakan bahasa-bahasa sederhana, tanggap dalam merespons setiap perkataan anak dengan sabar, serta sering membacakan buku-buku bergambar untuk meningkatkan pembendaharaan kata anak.

Pada gangguan disleksia orang tua juga dapat membantu anak dengan banyak memberi kegiatan mendengar dan bermain kata yang menyenangkan. Untuk lebih lanjut memang disarankan orang tua merujuk ke tenaga profesional seperti psikolog dan terapis. Terlebih untuk masalah serius seperti gangguan jalan jinjit yang berpotensi autisme, perlu sekali bantuan ahli medis seperti neurologis, ortopedis, serta fisioterapis untuk menyembuhan anak.

Pada dasarnya ketika orang tua melahirkan anak maka wajib bagi untuk memperhatikan tumbuh kembang anaknya dengan telaten. Gangguan pada tumbuh kembang anak memang bukan berarti seluruhnya salah orang tua yang kurang perhatian, tetapi orang tua tetap bertanggung jawab untuk mengatasi gangguan tersebut dengan mengupayakan solusi terbaik. Dalam hal ini perhatian lebih orang tua menjadi faktor krusial penentu keberhasilan penangangan gangguan tumbuh kembang pada anak.