Ambil Manfaat Dari Tanaman Ini!

Posted by on May 10, 2015 in Archieves | 0 comments

Cestrum-elegans-flower-

Tanaman berikut ini dimanfaatkan oleh manusia karena memiliki kemampuan yang luar biasa dan yang memiliki manfaat yang banyak :

  1. Tanaman pewangi

Tanaman yang bisa sebagai pewangi diantaranya Kaca Piring, Sedap Malam, Kua Hua (Osmanthus fragrans), atau Cestrum. Tanaman-tanaman ini cukup dapat menambah wangi alami untuk menyegarkan suasana rumah.

  1. Tanaman rempah

Kunyit, kencur, lengkuas, kayu manis, atau lada merupakan berbagai jenis tanaman rempah yang bisa ditanam dengan lahan kecil di halaman belakang rumah. Manfaatnya bisa langsung diambil ketika memasak dan keperluan obat lainnya.

  1. Tanaman hias

Tanaman penghias atau biasa disebut tanaman hias. Tanaman hias banyak sekali diantaranya kaktus, Sirih Belanda, aglonema, mawar, atau sedap malam.

  1. Tanaman sayuran

Tanaman sayuran biasa disebut sayur-mayur yang mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi manusia diantaranya sawi, cabe, brokoli, kangkung, bayam, tomat.

  1. Tanaman peneduh

Kersen, buni, janda merana, dan trembesi adalah tanaman peneduh yang cocok ditanam di halaman depan atau belakang rumah. Perhatikan akarnya karena berpotensi menjalar dengan sangat besar seiring umur pohon yang semakin dewasa.

  1. Tanaman pengusir serangga

Sereh, lavender, mentimun, atau geranium, dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk dan berbagai serangga lainnya. Mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu menghias rumah dan mengusir serangga atau nyamuk biasa dikenal khasiatnya

  1. Tanaman penyerap polutan

Sanseviera, Philodendron, Ivy, Chrysanthemum, Paku boston, Sinti Belanda, dan beringin memiliki kemampuan untuk menyerap polutan.

  1. Tanaman peredam bunyi

Bambu Jepang atau Dolar (Ficus pumila), terutama untuk pekarangan rumah yang dekat dengan jalan raya karena tanaman ini sangat baik mengurangi bising dari luar pagar rumah