6 Cara Jitu Mengantisipasi Bahaya Pemanasan Global Dunia

Posted by on Apr 16, 2015 in Archieves | 0 comments

pohon

 

  1. Menanam pohon

Pohon merupakan salah alat untuk menaham panas. Banyak manfaat dari pohon, baik manfaat langsung maupun tidak langsung. Tujuan utama dari penanaman pohon yaitu untuk mengurangi karbon dioksida (CO2) dan tentunya membuat sejuk saat panas matahari yang sangat menyengat. Tentu saja di dalam penanaman pohon, harus dijaga agar tidak terjadi penebangan secara massal yang tidak terkendali.

  1. Kurangi Bangunan Rumah Kaca

Banyaknya bangunan rumah kaca membuat suhu panas bisa meningkat beberapa derajat celcius. Oleh sebab itu, harus di kurangi. Gunakan bahan pengganti kaca yang ramah lingkungan.

Gunakan Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) sebelum melakukan pembangunan gedung, pabrik, dan rumah.

  1. Beralih ke kendaraan ramah lingkungan

Biasakan berjalan kaki bila jaraknya dekat, selain menyehatkan tubuh tentu saja mengurangi polusi udara. Cobalah beralih ke kendaraan umum agar penggunaan bahan bakar terkendali sehingga pencemaran dapat ditekan

  1. Hemat Listrik

Listrik juga menjadi faktor dalam menaikan suhu panas. Jika demikian alangkah bijaknya untuk membiasakan hemat listrik. Seperti di rumah, ketika siang hari mematikan alat listrik yang tidak digunakan lagi.

  1. Saluran Ventilasi rumah yang cukup

Kurangi penggunaan AC. Cara yang sederhana yaitu membuat ventilasi udara di rumah cukup, sehingga sirkulasi udara menjadi lancer yang membuat suhu ruangan menjadi sejuk.