5 Lokasi Rekomendasi untuk Berkemah di Jawa Barat

Posted by on May 25, 2015 in Archieves | 0 comments

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

  1. Alun-Alun Suryakencana

Lembah ini terletak pada ketinggian antara 2.500-2.750 meter di atas permukaan laut, diapit oleh kubah puncak Gunung Gede dan punggungan Gunung Gemuruh. Jalur pendakian resmi yang waktu tempuhnya paling cepat adalah melalui Pos Gunung Putri, Pacet, tak jauh dari Cipanas. Melalui Pos Gunung Putri yang memiliki jalur cukup terjal, pendaki yang bugar dapat mencapai Suryakencana dalam waktu paling lambat empat jam. Namun, apabila mendaki bersama keluarga, waktu tempuh dapat mencapai dua kali lipat. Pastikan memulai pendakian di pagi hari agar tidak kemalaman saat tiba di Suryakencana.

  1. Situgunung

Situgunung merupakan suatu situ (danau kecil) di gunung. Lokasinya di lereng Gunung Gede-Pangrango, atau di sekitar batas taman nasional. Aktivitas naik perahu karet dapat dilakukan. Suatu sisi danau ini terkenal di kalangan peminat fotografi lanskap karena pada pagi hari ketika cuacanya tepat, larik-larik sinar matahari jatuh ke danau dan pepohonan di tepi danau secara menakjubkan.

Situgunung dapat dicapai dengan menempuh jalan raya Bogor-Sukabumi. Setiba di pertigaan Pasar Cisaat (sebelum Sukabumi), ambil jalan yang belok ke kiri. Terus saja hingga tiba di gerbang taman nasional.

  1. Gunung Guntur

Terletak di ketinggian sekitar 2.200 meter di atas permukaan laut, pada suatu punggung gunung yang merupakan bagian puncak dari Gunung Guntur terdapat lokasi berkemah yang indah. Letaknya hanya beberapa belas meter dari beton trianggulasi. Selain itu terdapat dua pohon cantigi kecil yang lebih tinggi dibanding pepohonan perdu. Dari titik itu, apabila cuaca cerah, kita dapat memandang Gunung Cikuray dan Gunung Papandayan, bahkan puncak Gunung Slamet di kejauhan.

  1. Lembah Mandalawangi

Dataran yang tidak begitu luas yang menyerupai lembah ini terletak di dekat puncak Gunung Pangrango yang berketinggian 3.019 meter di atas permukaan laut. Seperti halnya Alun-Alun Suryakencana, di Lembah Mandalawangi pun terhampar pepohonan edelweiss. Pada ujung lembah terdapat ceruk atau celah di antara dua punggungan yang menurun cukup curam, dengan pemandangan berupa Gunung Salak.

5.Godong Ijo Ecotaiment

Godong Ijo yang terletak di Cinangka Raya KM 10 No. 60 Serua Bojongsari Depok adalah tempat berwisata keluarga dan berbagai komunitas lainnya, baik sekolah, perusahaan, dan lain-lain. Godong Ijo memberikan konsep ecotaiment, berwisata sambil belajar mengenal dan mencintai alam. Selain itu juga, wisatawan dimanjakan dengan Godong Ijo Café and Resto yang menghidangkan hidangan yang lezat.